Cabai Baik untuk Kesehatan Kulit

Pesona Cantik
Kulit yang sehat berasal dari tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat berasal dari asupan nutrisi yang tepat. Berikut adalah jenis makanan yang secara spesifik baik bagi kulit Anda:

1. Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau setiap hari bisa menghindarkan Anda dari penyakit kanker, diabetes, alzheimer, serangan jantung. Bonusnya, kandungan antioksidan dalam sayuran hijau baik bagi kulit Anda karena dapat menangkal radikal bebas. Sayuran hijau juga mengandung vitamin A yang dapat mencegah timbulnya jerawat dan memperbaiki kerusakan kulit. Sayuran hijau juga mengandung beta-karoten, vitamin B, vitamin E, zat besi, kalsium, magnesium, dan potasium. Semua ini baik untuk kecantikan kulit. Sayuran hijau juga mengandung anti-inflamasi yang bertindak sebagai antihistamin dan antimikorba dalam tubuh sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Buah-buahan

Buah mengandung serat yang dapat membersihkan 'limbah' dalam tubuh kita. Buah dapat menjaga energi kita tetap stabil dan membantu proses pencernaan. Buah juga menjaga tubuh tetap terhidrasi. Buah juga bisa menjadi pengganti kecanduan gula. Daripada menguyah permen, lebih baik mengunyah apel, kan?

3. Lemak
Ada lemak yang baik untuk tubuh kita. Lemak ini disebut asam lemak esensial, yaknik asam lemak omega-3 dan omega-5. Lemak ini sangat penting agar tubuh dapat memproduksi sel-sel sehat, termasuk sel kulit. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan asupan lemak yang cukup, kulit akan mengalami kekeringan bahkan peradangan. Anda juga akan lebih sensitif terhadap sinar matahari dan lebih rentan terhadap jerawat. Telur ayam, daging sapi, minyak ikan, walnut, adalah sumber omega-3. Konsumsi secukupnya untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan lemak.

4. Produk fermentasi
Bakteri baik penting bagi usus. Selain itu, orang yang memiliki kulit sehat biasanya memelihara bakteri baik di dalam tubuhnya. Ada triliunan mikroorganisme dalam usus Anda yang dikenal sebagai mikobiome. Semakin sehat mikrobiome, semakin tinggi kekebalan tubuh Anda. Bakteri baik bisa didapat dari makanan fermentasi seperti keju, nata de coco, tempe, atau minuman seperti yogurt atau wine.

5. Cabai

Dibalik pedasnya cabai terkandung vitamin C. Tiap 100 gram cabai mengandung sekitar 143,7 mikrogram vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air, sangat penting untuk sintesis kolagen, mencegah kulit kasar, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kemampuan cabai sebagai sumber antioksidan juga patut diakui karena mengandung vitamin A. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang merusak kulit.



Tenni Purwanti
Sumber: mindbodygreen.com dan klikdokter.com
 

Tidak ada komentar: